CLOSE
  • Muhammad Nurul Huda
  • 10 February 2017
  • Visitor
  • Profil Program Studi

PROGRAM STUDI SOSIOLOGI

Kami, dewan pengajar Sosiologi UNU Indonesia, berkomitmen mengembangkan lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi mahasiswa. Di antara kami mengajarkan matakuliah dan melakukan penelitian mengenai ketimpangan sosial, kebijakan publik, protes sosial dan politik, gerakan sosial baru (gerakan Islam), gender, globalisasi dan politik ruang, masalah agraria dan perdesaan, konflik dan kekerasan, serta topik-topik lainnya dengan perspektif yang beragam.

Program Studi Sosiologi adalah sebuah komunitas yang penuh antusiasme, yang terdiri dari dosen pengajar dan mahasiswa yang memiliki minat yang sama untuk mengembangkan dan menerapkan perangkat analisis sosial ilmiah dalam memahami dunia sosial. Kurikulum Sarjana Strata 1 (S1) mengajarkan pondasi teoritis dan metodologis dalam disiplin Sosiologi dan mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis mengenai dunia sosial dan aneka problem di dalamnya.

Program Studi Sosiologi UNU dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga peneliti dan analis sosial hingga tenaga pendidik, pendamping dan pemimpin komunitas serta pelaksana dan evaluator kebijakan sosial. Sosiologi UNU Indonesia mencetak calon ilmuwan sosial yang akan ambil peranan dalam pengembangan ilmu pengetahuan sekaligus mampu merumuskan solusi-solusi yang kreatif terhadap aneka problem sosial di tengah masyarakat.

Sesuai visi dan misi UNU Indonesia, Prodi Sosiologi akan mengantarkan mahasiswa menjadi warganegara yang punya keunggulan akademik, bertanggung jawab dan kreatif, sekaligus pemimpin yang mampu mengambil keputusan berdasarkan kompetensi, kepekaan nurani dan kepedulian sosial. Program studi sosiologi diharapkan dapat melahirkan tenaga-tenaga profesional yang berkarakter, siap berkarya dan berkompetisi di era global serta memiliki komitmen pada keunggulan dan nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil’alamin.

Apakah Sosiologi itu?

Sosiologi, dalam pengertian yang sangat umum, adalah suatu kajian sistematik tentang kehidupan masyarakat, relasi-relasi sosial, perubahan sosial, serta sebab-sebab dan konsekuensi perilaku manusia. Sosiolog menyelidiki struktur kelompok, organisasi, dan masyarakat, dan bagaimana manusia saling berinteraksi di dalam konteks tersebut. Para sosiolog membangun pemahaman yang berbasis pembuktian yang sistematik dan ketat tentang bagaimana konteks sosial mempengaruhi perilaku dan bagaimana perilaku kolektif menciptakan institusi-institusi dan pola-pola sosial di dalam masyaakat.

“Imajinasi sosiologis” membantu kita untuk memahami bagaimana norma-norma dan nilai-nilai membentuk kehidupan masyarakat; bagaimana kekuasaan bekerja di dalam suatu sistem politik dan dalam kehidupan sehari-hari; bagaimana ketimpangan sosial dipertahankan dan sebaliknya kesetaraan sosial dapat diraih; serta bagaimana sekelompok masyarakat mengorganisir diri untuk melakukan tindakan kolektif dan perubahan sosial. Sosiologi dapat membantu individu atau kelompok untuk mengetahui kesempatan hidup mereka, mengetahui perilaku manusia dalam kehidupan masyarakat (entah demi kebaikan ataupun sebaliknya), dan mampu memilih strategi pemberdayaan sosial-politik yang dikehendaki.

Riset-riset sosiologis menggunakan beraneka macam metode yang mencakup etnografi, survei, analisis rekaman arsip atau sejarah, analisis jaringan, dan analisis “big data” . Teknik-teknik ini dapat memberi bukti sistematik mengenai segala aspek kehidupan sosial, termasuk masalah-masalah sosial masa kini, diantaranya: ketimpangan sosial dan ekonomi, budaya dan media sosial, gerakan sosial, perubahan politik, reformasi pendidikan, kekerasan sosial, dan lain-lainnya.

Visi Prodi Sosiologi:

“Menjadi program studi bermutu unggul dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, riset dan pengabdian kepada masyarakat serta menyediakan pondasi akademik yang kokoh dalam membantu mahasiswa untuk berpikir secara sosiologis, berkomunikasi secara jelas, bertindak secara bijak, dan hidup secara etis”.

Misi dan Tujuan Prodi Sosiologi:

Misi 1: Prodi Sosiologi mengajarkan mahasiswa kemampuan kritis, interpretative dan saintifik yang dibutuhkan dalam melakukan analisis yang beraneka segi, yang ketat secara metodologis dan yang solid secara teoritis terhadap fenomena kemasyarakatan.

Tujuan prodi Sosiologi berdasarkan misi tersebut adalah untuk:

(a)     membekali mahasiswa kemampuan mengintegrasikan teori social dan penelitian

(b)     membekali mahasiswa kemampuan menerapkan konsep-konsep sosiologis dalam kondisi kehidupan nyata.

(c)      membekali mahasiswa kemampuan menyelidiki masalah-masalah social yang penting secara kritis

(d)     membekali mahasiswa kemampuan menformulasikan hipotesis, menerapkan data dan menguji hipotesis.

(e)     membekali mahasiswa kemampuan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif dan menafsirkan hasil analisis data tersebut untuk menarik kesimpulan

Misi 2: Prodi Sosiologi, melalui riset teoritis dan terapan, memajukan pemahaman kolektif mengenai realitas-realitas kultural, politik dan keagamaan yang kompleks, dan berkomitmen mengembangkan daya imajinasi terwujudnya masyarakat yang lebih adil, manusiawi dan berkelanjutan.

Tujuan prodi Sosiologi berdasarkan misi tersebut adalah untuk:

(a)     membekali mahasiswa kompetensi utama dalam analisis realitas kebudayaan dan keagamaan di masyarakat Indonesia dalam interaksinya dengan kekuatan-kekuatan ekonomi dan politik global yang mendukung maupun yang menghambat usaha-usaha perbaikan, pengembangan dan kemajuan masyarakat.

(b)     membekali mahasiswa kompetensi utama melakukan intervensi sosial yang disertai kepekaan kultural dan keagamaan dalam usaha menangani problem-problem kemasyarakatan.

(c)      memperkuat imajinasi mahasiswa dalam memimpikan suatu kehidupan masa depan yang lebih adil, manusiawi dan berkelanjutan

(d)     menghasilkan publikasi ilmiah dan menyebarluaskan pengetahuan yang memiliki siginifikasi social dalam menjawab problem-problem kemasyarakatan dan pembangunan.

(e)     mengembangkan dan memperkuat kapasitas entrepreneurship yang dapat diterima oleh pasar kerja maupun dalam upaya membangun kemandirian lulusan.

Misi 3: Prodi Sosiologi menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat melalui keterlibatannya dalam mengatasi masalah-masalah social kemasyarakatan.

Tujuan prodi Sosiologi berdasarkan misi tersebut adalah:

(a)    Untuk terlibat serta menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis, damai dan toleran.

(b)    Untuk mengkoneksikan refleksi akademik dengan praktek pemecahan masalah-masalah nyata di dalam masyarakat.

(c)     Untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa dan masyarakat agar dapat memberdayakan diri dan lingkungannya.