Knowledge, Faith, and Wisdom
  • Program Studi : Perbankan Syariah (D3)
  • Website : www.unusia.ac.id
  • Alamat : Jl. Taman Amir Hamzah No. 05 lt 2 Matraman Jakarta Pusat 10320 Telp/Fax: (021) 3906501
  • Email : it@unuindonesia.ac.id

Dunia ekonomi syariah saat ini masih sangat kekurangan tenaga sumber daya insani (SDI), sehingga peluang dan lapangan kerja terbuka sangat luas di bidang perbankan syariah. Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah adalah salah satu Prodi di lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) yang dibangun untuk mencetak tenaga kerja siap pakai dalam bidang perbankan syariah. Dengan dukungan fasilitas kampus yang memadai, perpustakaan yang terusdi lengkapi, jaringan kuat yang terbentuk dengan para stake holder,dan para pengajar yang mumpuni di bidangnya, yang terdiri dari pada akademisi dan praktisi di bidang perbankan, akuntansi, manajemen keuangan, dan para ahli di bidang keagamaan. Prodi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai keunggulan, tahan banting, dan siap kerja. Kemampuan khusus mahasiswa ditempa dalam bidang muamalah syariah, perbankan, manajemen keuangan, pemeriksaan (audit) keuangan maupun operasional, dan akuntansi, khususnya akuntansi perbankan syariah.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik dan praktik mahasiswa, Prodi Perbankan Syariah telah menjalin kerja sama dengan beberapa institusi diantaranya: Beberapa BankSyariah, Muamalat Isntitute, beberapa Baitul Maal wat Tamwil (BMT), dan lembaga profesi bidang ekonomi syariah. Kerja sama kelembagaan adalah untuk memberikan mahasiswa kesempatan menimba ilmu secara praktis dengan melihat dan merasakan langsung praktik kerja yang akan dihadapi, sehingga mereka menjadi jauh lebih siap setelah lulus.

Fasilitas Perkuliahan

Perkuliahan diselenggarakan di gedung dengan ruang kuliah dan sarana pembelajaran yang memadai, didukung oleh perpustakaan yang terus dikembangkan,laboratorium bank mini ,serta kesempatan magang di lembaga keuangan syariah yang telah menjalin kerjasama dengan Prodi Perbankan Syariah Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA).

Modul-modul, baik berupa e-book, file materi, maupun yang tercetak disiapkan untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan kualitas belajar mereka dan meningkatkan kecepatan penyerapan materi pembelajaran.

Mahasiswa juga dapat menyalurkan hasrat berorganisasi dan berwirausaha melalui berbagai organisasi kampus, baik yang intra, seperti BEM dan UNUSIA Business Center, maupun yang ekstra.

Keunggulan

Prodi Perbankan Syariah UNUSIA menyusun kurikulum sedemikian rupa sehingga mata kuliah saling mendukung dalam memperkuat pemahaman mahasiswa dan juga disesuaikan dengan dunia kerja yang akan dihadapi. Perbaikan kurikulum secara gradual terus dilaksanakan untuk mendapatkan link and match dengan lapangan yang akan dihadapi oleh peserta didik setelah mereka menyelesaikan studi.

Para pengajar adalah mereka yang benar-benar menguasai di bidang muamalah dan ekonomi syariah dan juga mereka yang berpengalaman sebagai praktisi, sehingga dapat mendekatkan pemahaman mahasiswa kepada apa yang akan mereka hadapi nantinya.

Adanya kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan syariah membuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk tidak sekedar menimba ilmu secara teori, namun juga ilmu yang benar-benar aplikatif sesuai program studi ini.

Dengan adanya UNUSIA Business Center, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan pengalaman dalam bidang kewirausahaan yang memungkinkan mereka bukan hanya disiapkan dalam lapangan khusus bidang perbankan syariah,namun juga disiapkan untuk mengadapi tantangan pekerjaan yang lebih luas.

Kerja Sama

  • PT. BRI Syariah
  • Muamalat Institute
  • Putra Buisness School Malaysla
  • Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI)
  • Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House Of Brotherhood)
  • Yayasan Beasiswa Jakarta
  • Yayasan Said Aqil Siradj (YSAS)
  • Badan Amil Zakat Pertamina (Bazma)
  • Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU)
  • BMT Sidogiri

Lapangan Pekerjaan Lulusan

Mengingat bahwa kebutuhan dan permintaan SDI bidang keuangan syariah masih sangat tinggi, maka lapangan pekerjaan bagi para lulusan Program Studi Perbankan Syariah masih terbuka lebar. Dengan mengandalkan keunggulan di bidang pemahaman muamalah syariah yang lebih dalam serta penguasaan bidang akuntansi dan manajemen keuangan yang baik, lulusan diharapkan dapat menunjukkan bahwa mereka cukup kompetitif di dunia kerja.

Adanya kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan syariah juga diharapkan meningkatkan peluang diterimanya lulusan Prodi Perbankan Syariah Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) di dunia kerja yang sesuai dengan bidang pendidikan yang dijalani.

Adanya penekanan khusus pengembangan kewirausahaan mahasiswa, baik melalui perkuliahan maupun melalui UNU Business Center, membuat lulusan Prodi ini diharapkan untuk mampu menghadapi berbagai jenis tantangan dunia kerja, bahkan juga mampu mengembangkan usaha sendiri yang bertumpu pada keyakinan, jaringan, dan kesungguhan dalam berkarya

Dosen

  1. Dr. H. Marsudi Syuhud, MM
  2. Abdullah Ubaid, MA
  3. A. Mukafi Niam
  4. Mohammad Zuhdi, MA
  5. H.M. Dawud Arif Khan, SE., M.Si., Ak., CPA
  6. Khairunnisa, S.Hi., MA
  7. A. Bakhrul Muchtasib, SE.I., M.Si
  8. Sugeng Proyono, M.E.I
  9. Hari Basuki, MA
  10. Asrori S. Karni, M.H
  11. Hasnil Hasyim, M.Si
  12. Waspada, MM
  13. Mohammad Shilahudhin, MA
  14. Rizqi, MA
  15. Fatimah, MA
  16. A.M. Hasan Ali, M.A.
  17. Joni Afandi, SE. Ak., M.Si